Sejarah, Pengertian dan Teknik Olahraga Futsal - Macam-Macam Istilah

Sejarah, Pengertian dan Teknik Olahraga Futsal

MMI | Pengertian, Sejarah dan teknik Olahraga Futsal. Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang.

Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Dalam arti lain futsal juga merupakan versi sepak bola tertutup yang secara resmi diawasi oleh badan pemerintahan internasional sepak bola, Fédération Internationale de Football Association (FIFA).

Namanya berasal dari bahasa Portugis futebol de salão, dan bahasa Spanyol fútbol de salon. Keduanya berarti 'sepak bola dalam ruang'. 

Futsal dimainkan oleh lima pemain dalam satu tim. Salah satunya adalah kiper. Tempat perbedaan sepak bola dengan futsal adalah lapangan sepak bola menggunakan lapangan yang besar dibandingkan futsal yang agak kecil.

Waktu permainan futsal juga singkat yaitu 20 menit per babak. Bola yang digunakan juga lebih berat membuat pemain mengontrol bola dengan baik. Selanjutnya, area yang lebih kecil memaksa pemain meningkatkan tingkat keterampilan serta membuat keputusan dengan lebih cepat.

sejarah futsal

Kesalahan-kesalahan seperti injak bahu dan melakukan glider terhadap lawan dilarang. Selain itu, bagi setiap tim yang mengumpulkan kesalahan keenam di setiap babak akan dihukum dengan tendangan penalti kedua.

Seterusnya kesalahan berikut juga akan dihukum dengan tendangan penalti kedua. Kesalahan-kesalahan ini dinamakan kesalahan menumpuk. 

Pada masa sekarang futsal berkembang dengan pesat. Banyak lapangan-lapangan baru dibangun untuk tujuan memberi kesempatan kepada masyarakat merasakan kenikmatan bermain futsal. Ini tidak hanya terbatas pada kaum pria tapi juga perempuan. 

Siapa Yang Menciptakan Olahraga Futsal?
Futsal diciptakan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutama di Brasil. 

Keterampilan yang dikembangkan dalam permainan ini dapat dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain-pemain Brasil di luar ruang, pada lapangan berukuran biasa.

Pele, bintang terkenal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya di futsal. Sementara Brasil terus menjadi pusat futsal dunia, permainan ini sekarang dimainkan di bawah perlindungan Fédération Internationale de Football Association (FIFA) di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan Oseania. 

Pertandingan internasional pertama diadakan pada tahun 1965, Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan sampai tahun 1979, dan semua gelar juara disapu habis Brasil. 

Brasil melanjutkan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkannya lagi pada perebutan berikutnya tahun 1984. Kejuaraan Dunia Futsal pertama diadakan atas bantuan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya bergabung dengan FIFA pada tahun 1989) di Sao Paulo, Brasil, tahun 1982, berakhir dengan Brasil di posisi pertama.

Brasil mengulangi kemenangannya di Kejuaraan Dunia kedua tahun 1985 di Spanyol, tetapi menderita kekalahan dari Paraguay dalam Kejuaraan Dunia ketiga tahun 1988 di Australia. Pertandingan futsal internasional pertama diadakan di AS pada Desember 1985, di Universitas Negeri Sonoma di Rohnert Park, California.

Posting Komentar untuk "Sejarah, Pengertian dan Teknik Olahraga Futsal"