Sejarah Olahraga Squash - Macam-Macam Istilah

Sejarah Olahraga Squash

MMI | Sejarah Olahraga Squash. Permainan Squash adalah permainan yang mudah dipelajari. Aturan permainannya mudah dipahami oleh pemain. Squash dimainkan di dalam lapangan tertutup yang merupakan sebuah kamar kosong bersiling tinggi dan memiliki empat dinding termasuk dinding belakang. 

Tujuan permainannya adalah untuk mendapatkan poin dengan melakukan servis, dan memukul bola sehingga lawan tidak dapat mengambil bola yang dipukul itu. Di Inggris, beberapa sekolah mulai mencoba dalam permainan ini dengan mendirikan lapangan sendiri. 

Pada tahun 1825, permainan ini telah diperkenalkan di Sekolah Harrow. Kata squash adalah terpercaya diambil dari bunyi bola saat ia terkena raket. Awalnya, squash dimainkan secara suka-suka saja. Setelah perang dunia pertama, ia telah menjadi olahraga yang dipertandingkan di tingkat internasional. Persatuan Squash di Inggris didirikan pada tahun 1929.

Pada tahun-tahun awal pertandingan squash, ianya telah dimenangkan oleh pemain-pemain Inggris, tetapi setelah tahun 1950-an permainan ini telah dikuasai oleh Negara Pakistan yang dimulai oleh Hashim Khan. Kemudian, diikuti pula oleh adiknya Azam Khan dan supupunya Roshan Khan. Permainan squash akhirnya telah dibawa masuk ke Malaysia oleh orang-orang Inggris yang bertugas di negara ini.

squash
olahraga | ilustrasi

Tanggal tepat permainan squash diperkenalkan di Malaysia tidak dapat dipastikan. Hal ini diyakini diperkenalkan sekitar tahun 1920-an. Pada saat itu, ia dimainkan oleh klub-klub, khusus untuk orang-orang kulit putih. Permainan squash mulai diminati oleh rakyat negara ini setelah perang dunia kedua. 

Setelah tahun-tahun 1960-an, squash mulai menjadi satu permainan yang semakin diminati sampai ada sekolah-sekolah dan asosiasi olahraga memasukkan permainan ini di dalam daftar olahraga mereka. Pertandingan dan turnamen squash mulai diselenggarakan baik di tingkat sekolah, klub atau departemen.

Pada tahun 1972, sekelompok penggemar dan pemain squash di sekitar Kuala Lumpur telah bertemu di Klub Tasik Perdana Kuala Lumpur bertujuan mendirikan sebuah asosiasi khusus untuk olahraga ini. Akhirnya, Asosiasi Squash Malaysia (PSM) telah resmi terdaftar dan diakui sebagai badan olahraga untuk permainan squash di seluruh Malaysia. Datuk Hisyam Albakri adalah presidennya yang pertama.

Dengan adanya Persatuan Sepak Takraw Malaysia, banyak asosiasi squash negeri didirikan termasuk Klub Squash Angkatan Tentera Malaysia dan Klub Squash Polisi Diraja Malaysia. Beberapa pertandingan mulai diadakan seperti di Maktab Melayu Kuala Kangsar tahun1939 dan Pertandingan Piala Tiger tahun 1966. Squash terbukti telah menempatkan nama Malaysia harum di puncak dunia khususnya melalui keberhasilan Nicol Ann David yang muncul selaku pemain terbaik wanita dunia tahun 2005 dan Olahragawati Asia 2007. 

Melalui usaha yang tidak mengenal jemu di dalam memiliki tantangan negara pada setiap kejuaraan diperingkat internasional, segala usaha itu kini membuahkan hasil. Di sana sini sosok pemain squash negara berjuang mencoret keberhasilan diri demi negara. 

Nama-nama seperti Nicol Ann David, Ong Beng Hee dan Mohd Azlan Iskandar kini meniti dibibir lawan sebagai lawan yang ditakuti untuk ditemukan. Keberhasilan Nicol Ann David menjuarai turnamen squash Terbuka Hong Kong sekaligus ternobat selaku pemain nomor satu dunia, sewajarnya dijadikan impian seimbang buat lain-lain atlit. Keunggulan yang ditunjukkan oleh pemain-pemain squash negara memberi pertanda bahwa Malaysia dapat menciptakan nama melalui olahraga ini.

Posting Komentar untuk "Sejarah Olahraga Squash"