Pengertian, Sejarah dan Teknik Olahraga Hoki - Macam-Macam Istilah

Iklan Adsen

Pengertian, Sejarah dan Teknik Olahraga Hoki

MMIPengertian, Sejarah dan Teknik Olahraga Hoki. Sejarah Olahraga Hoki - Ada catatan yang telah kenal pasti mengkonfirmasi bahwa permainan ini menggunakan kayu dan bola yang kemudian di katakan sebagai awal untuk permainan hoki sekarang dimulai berabad yang lalu.

Menurut catatan yang telah diperoleh, ia dimainkan oleh orang-orang Yunani, Persia, dan Roma sejak tahun 2000 s.m lagi. Namun, permainan ini kemudian lenyap, sampai pada tahun 1365 ketika ia diperkenalkan kembali di Inggris. 

Game ini pada saat itu begitu menantang dan menarik minat dan semangat masyarakat di negara tersebut. oleh karena permainan ini masih belum memiliki undang-undang dan peraturan yang khusus, maka berbagai teknik dan kreografi di hasilkan untuk membuat permainan inin lebih unik.
sejarah olahraga hoki

Namun, kondisi ini menyebabkan sering terjadinya keributan dan perkelahian sehingga menyebabkan pertumpahan darah. Dengan arti lain permainan yang tidak tersusun dan teratur dapat menimbulkan risiko yang membahayakan bagi para pemain. Setelah meneliti efek dari kondisi ini maka atas Inggris telah melarang permainan ini. 

Dalam pada itu, hoki mulai mendapat tempat oleh banyak negara dunia setelah hukum permainan mulai dirancang khusus. Meskipun usaha ini memakan waktu yang lama, namun ia telah memberikan peluang yang besar untuk permainanini menapak bersaing dengan permainan yang lain. Dengan adanya peraturan dan undang-undang maka permainan hoki dapat dimainkan dengan teratur dan memudahkan bagi individu-individu yang ingin mengenalnya dan mempelajarinya. 
sejarah olahraga hoki

Sebelumnya olahraga ini hanya dikenal dengan berbagai nama dan panggilan. Misalnya di Wales, ia dikenal dengan nama banty atau Bandy. Lain lagi ketika diPerancis nama permainan ini di panggil sebgai hoquet. Akhirnya difahamkan kata hoki telah diambil sempena kata Perancis tersebut dan telah di inggeriskan menjadi hockey. Setelah itu dimulainya era baru bagi permainan itu ketika hoki mulai diterima kembali oleh pihak Inggris bahkan tidak hanya di mainkan oleh orang pria saja tetapi kaun wanita juga turut berpartisipasi. 

Tim hoki yang pertam telha pun didirikan dinegara tersebut pada tahun 1840, dan Klub Blackheath di Selatan London dianggap tim hoki pertama dan tertua di dunia. Klub ini telah membentuk tim hokinya pada tahun 1861. Klub ini juga turut memperkanalkan hukum permainan hoki seperti cara bermain, penggunaan wasit, area permainan yang terbatas dan menggenakan hukumankepada pemain yang melakukan kesalahan. 

Menyusul dengan itu, hukum hoki telah pun di gubal serta ditingkatkan dalam satu pertemuan di London pada tahun 1875. Delapan tahun kemudian, Wimbledon Hockey Club telah merumuskan hukum yang lebih baik dan rapi untuk permainan ini. Pada tahun 1886, olahraga hoki mulai diakui dan menjadi olahraga paling diminati di dunia. Dari Inggris, permainan ini mulai menyebar ke negara-negara seperti India, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa. Permainan Internasional Perkembangan olahraga hoki ini terus menular ke setiap pelosok negara dengan pesatnya. 

Maka, saat dimulainya sebagai permainan internasional ketika olahraga ini diteriam sebagai salah satu acara dalam Olimpiade pada tahun 1896. Meskipun ditolak pada Olimpiade tahun 1924 tetapi telah diterima kembali pada tahun berikutnya. Kini olahraga hoki menjadi tidak asing lagi dalam setiap ajang yang berlangsung. Seperti permainan lainnya hoki juga turut memiliki satu badan khusus di tingkat dunia untuk menyelaraskan dan menganjurkan setiap pertandingan yang melibatkan suka hoki.

Pada tahun 1924, tertubuhlah asosiasi Hoki Antarabngsa (FIH) atas usaha negara-negara Eropa yaitu Austria, Belgia, Cekoslowakia, Hongaria, Perancis, Spanyol dan Swiss. Dengan itu, permainan hoki kini memiliki badan khusus yang menjadi pengalola resmi bagi olahraga ini di tingkat internasional. Tempat usaha terpenting badan ini adalah merampingkan hukum serta aturan permainan ini agar semua negara dapat bermain dengan lebih teratur dan menarik. 

Badan ini juga turut bertanggung jawab menyelenggarakan kejuaraan dunia seperti Piala Dunia, Olimpiade, Olahraga asia, Kejuaraan Intercontinental, kejuaraan Tempat Champions, Piala Eropa dan sebagainya. Di tingkat dunia, antara tim yang sering menjadi pancabar terkuat termasuk India dan malaysia. 

Negara dari Asia, Malaysia, Belanda, Jerman Barat, Spanyol dan Inggris yang mewakili Eropa serta Australia dan Selandia Baru. Hoki Di malaysia Olahraga hoki ini diperkenalkan ke negara kita oleh tentara dan staf Inggris yang bertugas di sini pada tahun 1892. Pada awal pengenalan, olahraga ini hanya menarik minat orang-orang inggris dan Eropa saja. Namun, waktu berubah dengan cepat sehingga pada tahun 1904 telah berlangsungnya pertandingan pertama di negara kita yaitu antara Selangor dan s \ Singapura. 

Mulai tahun 1920 permainan ini mulai menular di kalangan penduduk lokal dimana berlakunya pergeseran yang mengesankan ketika banyak partisipasi yang diterima untuk mempelajari dan bermain. 

Semua perimgkat umur mulai meminati olahraga ini tidak memandang ras dan gender. Pada tahun 1926 pertandingan hoki pertama melibatkan penduduk lokal, yaitu di antara Negara-negara Melayu Bersekutu dengan Negeri-negeri Selat. Tidak berapa lama kemudian, negara kita berhasil mendirikan tim hokinya sendiri. 

Ini terjadi pada tahun 1923, yaitu sebagai upaya mengadakan pertandingan persahabatan dengan tim nasional India yang mengadakan kunjungan ke negara kita. Ketika itu tim India baru saja memenangkan medali emas Olimpiade. Liga hoki dimulai di negara kita, yaitu pada tahun 1946 di Taiping kemudian di Kuala Lumpur, Ipoh, Singapura dan Penang. 

Pada tahun 1948 Federasi Hoki Tanah Melayu (MHF) didirikan sebagai badan koordinasi permainan ini di negara kita. Pada tahun 1953 FIH telah menerima MHF sebagai afiliasinya. Kejuaraan hoki pertama anjuran MHF adalah pada tahun 1951 sampai sekarang. Allahyarham Tun Abdul Razak dilantik sebagai Presiden MHF (1957) ia menghadiahkan sebuah piala sebagai rebutan untuk pertandingan antara negeri ini. Piala ini dinamakan Piala Razak. Namun pada tahun 1963 barulah pertandingan ini berhasil dianjurkan

1 Response to "Pengertian, Sejarah dan Teknik Olahraga Hoki"

  1. UEFA EURO 2020 akan segera dimulai
    Dalam pertandingan seluruh benua Eropa akan di Livestreamingkan langsung oleh hasilbola.vip

    Bukan itu saja juga, Kami dari tim hasilbola.vip memberikan berupa Tipster Jitu 100%
    Prediksi Sepakbola Euro 2020 kali ini kalian boleh intip Skor yang sebelumnya dimulai
    Yuk mari dilihat Prediksi Sepakbola dari hasilbola.vip

    Prediksi Bola Perancis vs Moldova 15 November 2019
    https://hasilbola.vip/prediksi-euro-2020/baca/2923/perancis-vs-moldova-15-november-2019/

    Prediksi Bola Portugal vs Lituania 15 November 2019
    https://hasilbola.vip/prediksi-euro-2020/baca/2924/portugal-vs-lituania-15-november-2019/

    Kalian juga bisa meminta Bonus Tips Prediksi Bola Akurat oleh Customer Service kami.

    Terima Kasih bagi yang menyukai komentar saya

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalin komentarnya yau...