Mengenal Istilah Dalam Olahraga Golf - Macam-Macam Istilah

Iklan Adsen

Mengenal Istilah Dalam Olahraga Golf

Mengenal Istilah-Istilah Dalam Olahraga Golf. Permainan golf yang dimulai sejak abad ke-15 di Skotlandia kini telah menjangkiti ke seluruh dunia. Di Malaysia saja diperkirakan ada 300 lapangan golf dan tingkat pertumbuhan setiap tahunnya sekitar 5%. Permainan ini bukan lagi dimonopoli oleh elit atau golongan berada. Hampir seluruh lapisan masyarakat dari murid sekolah sampai pensiunan meminati permainan golf.

Banyak hotel-hotel yang telah melengkapi fasilitas mereka dengan lapangan golf. Bahkan dibeberapa lembaga pendidikan Golf telah dimasukkan dalam kurikuler dan banyak siswa yang menjadi "caddy" sebagai penghasilan sampingan.

Selama ini komunikasi dalam permainan golf adalah dalam Bahasa Inggris. Di padang golf istilah seperti "keddy", "hole", "stroke", selalu digunakan dan semua pemain bahkan tidak pandai berbahasa Inggris begitu lancar menggunakan istilah di atas. Dalam makalah ini kita akan mencocokkan istilah ini dengan harapan permainan golf menjadi lebih nyaman dan sebudaya dengan masyarakat Malaysia.

Lapangan golf yang luasnya melebihi 50 ekar, biasanya memiliki 18 lubang berjarak 5 - 6 meter antara satu dengan lainnya. Ruang antara tempat pukul dan lubang disebut "fairway" atau "lintasan". Berbeda dengan tenis atau hoki, yang hanya memiliki satu pemukul; golf memiliki 14 pemukul yang disebut kayu atau besi atau juga "klub" saja, yang paling panjang dinamakan "driver" karena istilah ini sudah biasa digunakan, maka "driver" disebut "driver" juga. Besi yang paling pendek dinamakan "sand wedge", khusus untuk memukul bola bila masuk dalam perangkap pasir yaitu "bunker". Istilah yang tepat adalah "sapu pasir".

Pemukul untuk pukulan pendek dinamakan "wedge" atau "sapu". Kemudian "putter" (puter) untuk memukul bola yang berada dalam "green". "Putting" diistilahkan sebagai "puting" dan green adalah "gren". Hijau dapat juga digunakan di sini tapi karena hijau lebih kepada sifat, "gren" dipertahankan. Jangan lupa kita juga ada "oranye" untuk minuman juga untuk warna.

Pemain golf biasanya mengambil "keddy" untuk membantu membawa tas dan memungut bola. "Keddy", istilah yang tepat adalah "caddy". Pemain golf yang pandai disebut "pro". Pro adalah pemain yang handikapnya 0. "Handikap" adalah ukuran kepandaian seorang pemain, dimulai dengan 24 sampai 0; bagi wanita 36 sampai 0. pemain yang dapat membuat satu pukulan untuk memasuki lubang dinamakan "hole in one" atau "lubang sekali pukul". Mungkin istilah ini kurang tepat, yang dimaksudkan ialah "pukul sekali masuk lubang".

"Fairway" diterjemahkan sebagai "lintasan". Ada bagian lapangan yang sulit seperti "water hazard" (hambatan air), "pond" (kolam). Pemain selalu juga mencangkol tanah saat memukul bola dan membuat lubang di tanah yang dinamakan "divot".

istilah dalam olahraga golf

Permainan golf dimainkan menurut kelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 orang yang dinamakan "1 flight", atau "kapal". Pemain yang memukul bola dahulu dikatakan memiliki "honour" atau "kehormatan". Sekali pukulan dinamakan satu stroke, tujuan dalam golf adalah mendapatkan pukulan yang paling sedikit untuk memasukkan bola di dalam lubang. Ukuran standar setiap lubang dinamakan "par". Par - 3 berarti biasanya 3 pukulan untuk memasukkan bola ke dalam lubang. Begitu juga Par - 4, Par 5. Bagi Par - 4, pukulan yang kurang dari 4, atau hanya 3 pukulan dinamakan "birdie" - atau "burung".

Bola yang dipukul dan menuju di luar area dikatakan OB yang berarti "Out of Bound" atau "luar daerah". Pemain yang baru selalu memukul bola tidak tepat atau dikatakan "topping" - "atas". Bila posisi bola sulit untuk dipukul seperti pada celah pohon, celah pagar, pemain dapat mengubah bola tersebut. Ini dikatakan "take a drop", atau "pindah bola".

Pemain golf yang mahir biasanya memiliki "grip" (pegangan) yang kokoh "stance" (posisi) yang sesuai dan "swing" (ayunan) yang baik.

Konon golf lebih melibatkan interaksi sosial dari latihan jasmani. Selama berjalan sejauh 4 km untuk melengkapi 9 lubang, berbagai cerita dan lelucon dipertuturkan dalam satu "kapal". Namun, aspek yang terpenting dalam golf adalah etika. Tidak ada wasit yang khusus, pemain menguji kemampuan dirinya sendiri.

Berikut Beberapa Istilah Penting dalam olahraga Golf

Handicap - Handikap; ukuran kemampuan pemain

Tee - Penyangga (atau Te)

Flag-stick - Bendera indikator

Chip - chip; pukulan pendek ke arah green

Back spin - Spin belakang;

Pin - pin; indikator pada lubang

Ace - Es; pukulan terbaik, sekali pukul masuk lubang;

juga disebut "hole in one"

Bogey - Bogi; lubang yang diselesaikan dengan 1 pukul atas par

Divot - divot; Serpihan tanah setelah pukulan

Draw - draw; Spin pada bola yang menyebabkan bola bergerak

ke kiri

Eagle - Lubang yang diselesaikan dengan 2 pukulan di bawah par-5

Fade - Fed; Spin pada bola yang menyebabkan bola bergerak ke kanan

Fairway - Lintasan; daerah antara tee dan green

Free-drop - Jatuh bebas; bola dialihkan tanpa dikenakan penalti

Hazard - Penghalang; hambatan dalam lintasan

Hole - Lubang; lubang berjejari 4,5 in dalam gren

Hook - Hok; pukul yang melintas dari kanan ke kiri

Local rules - Aturan setempat; peraturan untuk daerah tertentu

Pitch - pitch; Pukulan melonjak dekat gren

Slice - Slais; pukulan yang menyebabkan bola bergerak dari kiri ke kanan

Score card - Kartu skor; kartu untuk merekam jumlah pukulan

Stroke - Pukulan; pukulan pada bola

Stroke - play - Main pukulan; sistem menang pukul

Ground under - GUR; informasi lapangan sedang diperbaiki
repair (GUR)

Bunker - bunker; perangkap pasir di keliling gren atau pada lintasan

par - par; nilai setiap lubang berdasarkan posisi, panjang dan kesulitan

Albatros - albatros; lubang yang diselesaikan dengan 3 pukulan dibawah par

0 Response to "Mengenal Istilah Dalam Olahraga Golf"

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalin komentarnya yau...