Contoh Proposal Acara Untuk Kegiatan Memperingati Hari Lingkungan Hidup Dan Kegiatan Alam - Macam-Macam Istilah

Contoh Proposal Acara Untuk Kegiatan Memperingati Hari Lingkungan Hidup Dan Kegiatan Alam

MMI - Contoh Proposal Acara Untuk Kegiatan Memperingati Hari Lingkungan Hidup Dan Kegiatan Alam. Pembangunan berkelanjutan (sustainable development) menjadi orientasi pembangunan negara-negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia sejak diperkenalkan dalam World Conservation Strategy (Strategi Konservasi Dunia) yang diterbitkan oleh United Nations Environment Programme (UNEP),International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), dan World WideFund for Nature (WWF) pada 1980.

Pada dasarnya, pembangunan berkelanjutan merupakan integrasi tiga pilar, yakni : ekonomi, lingkungan dan sosial yang dapat dicapai melalui pengembangan dua strategi utama, yakni : strategi pertumbuhan hijau (Green Growth Strategies) dan ekonomi hijau (Green Economy). Sehingga kedua strategi tersebut menjadi fokus dalam mendukung pencapaian pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

KLIK LINK DIBAWAH UNTUK MELIHAT PROPOSAL:

Secara internasional, belum terdapat kesepakatan tentang pengertian strategi pertumbuhan hijau ataupun ekonomi hijau tersebut. Namun, Pemerintah Indonesia secara sukarela berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26% dengan usaha sendiri dan sebesar 41% jika mendapat bantuan internasional pada tahun 2020 untuk bidang BAU (business as usual).

Hal tersebut dinyatakan pada pertemuan G-20 di Pittsburgh, Pensylvania, Amerika Serikat tanggal 25 September 2009. Untuk memenuhi komitmen tersebut, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden No 61 tahun 2011 tentang Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAN-GRK). Pada pasal 6 Perpres tersebut mengharuskan Gubernur menyususun Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RADGRK). Implementasi RAN/RAD-GRK diprioritaskan kepada bidang berbasis lahan, khususnya kehutanan dan pertanian.
hari lingkungan hidup
Hari Lingkungan Hidup | Ilustrasi
Pada tahun 2000 sektor berbasis lahan menyumbang emisi GRK sekitar 65% dari emisi nasional. Emisi tersebut berasal dari perubahan penggunaan lahan dan kehutanan (Land Use Change and Forestry/LUCF) sebesar 47%, kegiatan pertanian (5%) dan kebakaran lahan gambut 13 %.

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Acara Untuk Kegiatan Memperingati Hari Lingkungan Hidup Dan Kegiatan Alam"