Manajemen Awal CPG Cedera Kepala pada Orang Dewasa - Macam-Macam Istilah

Manajemen Awal CPG Cedera Kepala pada Orang Dewasa

MMI | Manajemen Awal CPG Cedera Kepala pada Orang Dewasa. Cedera kepala adalah salah satu kondisi medis yang paling umum & mungkin paling dapat dicegah. Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab paling umum cedera kepala di seluruh dunia, selain kecelakaan di rumah, di tempat kerja & saat acara olah raga.

Epidemi global yang terbengkalai ini telah menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak tahun 1960an. Menurut WHO Road Safety 2015 Report, tingkat kematian lalu lintas jalan raya di dunia 17,4 per 100.000 penduduk, sementara perkiraan Malaysia adalah 24 per 100.000 penduduk. Tingkat ini cukup tinggi untuk Malaysia meski dilengkapi dengan akses darurat & perawatan yang efisien untuk korban lalu lintas jalan.
cedera kepala

Dalam Laporan Sistem Manajemen Informasi Kesehatan Malaysia (HIMS) 2014, trauma memberikan kontribusi sebesar 11,65% dari jumlah kehadiran ke gawat darurat di rumah sakit Depkes. Cedera adalah penyebab tertinggi kedua kehadiran baru di kunjungan klinik spesialis & alasan tertinggi ketiga untuk kunjungan ke gawat darurat di rumah sakit Depkes. Selain itu, 80,3% bedah saraf darurat melibatkan cedera kepala & kematian 8,7% dari total penerimaan ke bangsal bedah saraf disebabkan oleh cedera kepala.

Pengenalan pedoman berbasis bukti dalam penanganan dini cedera kepala pada orang dewasa tepat waktu. Ini mencakup berbagai aspek pengelolaan awal kondisi seperti penilaian awal, triaging, pencitraan, manajemen umum, penggunaan obat-obatan tertentu seperti antikoagulan atau antiplatelet, nasihat atau tindak lanjut.

Sistem rujukan sistematis yang mencakup penggunaan teleconsultation & protokol untuk transfer pasien yang aman yang diuraikan dalam pedoman penting untuk mengoptimalkan jumlah rumah sakit yang terbatas dengan layanan subspesialisasi neurosurgical. Ini akan membantu untuk membangun hubungan yang hilang dalam upaya untuk memberikan penanganan dini yang aman & efektif terhadap cedera kepala. 

Ada juga banyak algoritma & lampiran untuk memberikan pemahaman manajemen yang lebih baik. Penggunaan CPG oleh semua penyedia layanan kesehatan juga dapat membantu mengurangi variasi praktik klinis saat ini & memberikan perawatan optimal untuk semua pasien yang menderita luka kepala.

Pesan Kunci
1.Majoritas pasien dengan trauma mayor mengalami cedera pada kepala & leher. Banyak nyawa bisa diselamatkan dengan perawatan pra-rumah sakit yang baik & transportasi cepat ke rumah sakit.

2.Glasgow Coma Scale & Glasgow Coma Scale Score harus digunakan dalam penilaian semua pasien yang menderita luka kepala oleh penyedia layanan kesehatan terlatih.

3. Hipertensi, hipoksia, hypocarbia & hypercarbia harus dihindari pada pasien dengan cedera kepala untuk mencegah cedera otak sekunder.

4. Kerah leher harus dioleskan pada pasien cedera kepala dengan cedera cervical yang dicurigai.

5. Kristaloid isotonik adalah pilihan pilihan resusitasi cairan IV pada cedera kepala.

6.Patients dengan cedera kepala harus dipantau dengan menggunakan head chart & setiap penurunan harus segera dievaluasi ulang oleh dokter yang hadir.

7.Canadian Computed Tomography Head Rule dapat digunakan untuk menentukan kebutuhan Computed Tomography (CT) kepala pada cedera kepala ringan (MHI).

8.Pasien dengan MHI tanpa indikasi untuk CT scan dapat diamati dengan aman di bagian gawat darurat paling sedikit 6 jam.

9.Teleconsultation harus digunakan dalam penanganan cedera kepala jika tersedia.

10. Saran pelepasan verbal & tertulis harus dapat dipahami & mencakup instruksi untuk mengenali fitur yang mengkhawatirkan & nomor kontak telepon dari fasilitas kesehatan setempat.

Referensi: MALAYSIAN HEALTH TECHNOLOGY ASSESSMENT SECTION

Posting Komentar untuk "Manajemen Awal CPG Cedera Kepala pada Orang Dewasa"