Berbagai Pendekatan Dalam Memahami Agama - Macam-Macam Istilah

Iklan Adsen

Berbagai Pendekatan Dalam Memahami Agama

BERBAGAI PENDEKATAN DIDALAM MEMAHAMI AGAMA. various approaches to understanding religion
a. Pendekatan teologis normatif
Yaitu upaya memahami agama dengan menggunakan kerangka ilmu ketuhanan yang bertolak dari suatu keyakinan bahwa wujud empirik dari suatu agama daaaaiaggap sebagai yang paling benar dibandingkan dengan yang lainnya. 

b. Pendekatan antropologi
Yaitu salah satu upaya memahami agama dengan cara melihat wujud praktik keagamaan yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. 
pendekatan dalam memahami agama

c. Pendekatan sosiologis
Pentingnya pendekatan sosiologi dalam memahami masalah agama dapat dipahami karena banyak sekali ajaran agama yang berkaitan dengan masalah sosial. Besarnya perhatian agama terhadap masalah sosial ini selanjutnya mendorong kaum agamawan memahami ilmu ilmu sosial sebagai alat untuk memahami agama.

d. Pendekatan filosofis
Arti dari filsafat adalah sebuah upaya untuk menjelaskan inti, hakikat, atau hikmah mengenai sesuatu yang berada dibalik objek formanya. Filsafat mencari sesuatu yang mendasar, asas, dan inti yang terdapat dibalik yang bersifat lahiriyah. Maka dari itu filsafat dapat digunakan dalam memahami ajaran agama, dengan maksud agar hikmah, hakikat atau inti dari ajaran agama dapat dimengerti dan dipahami secara seksama.

e. Pendekatan historis
Sejarah atau historis adalah suatu ilmu yang didalamnya dibahas berbagai peristiwa dengan memperhatikan. 

f. Pendekatan kebudayaan
g. Pendekatan psikologi

0 Response to "Berbagai Pendekatan Dalam Memahami Agama"

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalin komentarnya yau...