HPV Urine Test Untuk Kanker Cervik - Macam-Macam Istilah

HPV Urine Test Untuk Kanker Cervik

MMI | HPV (human papilloma virus) Urine Test Untuk Kanker Cervik. Selama beberapa dekade, skrining menggunakan Pap smear sitologi konvensional telah menjadi strategi yang paling banyak digunakan dalam mengurangi kejadian kanker serviks di seluruh dunia. Selanjutnya, metode molekuler untuk mendeteksi Human Papilloma Virus (HPV) pada jaringan yang terinfeksi diperkenalkan dengan hibridisasi cair (Hybrid Capture 2) dan / atau polymerase chain reaction (PCR), menggunakan DNA dari goresan / biopsi serviks. 

Kedua strategi skrining, bagaimanapun, memerlukan pemeriksaan panggul, prosedur yang invasif dan tidak nyaman bagi pasien, menyita waktu bagi penyedia layanan kesehatan dan tidak mungkin menyelesaikan masalah pengambilan skrining yang buruk. Penggunaan urin, yang mudah dikumpulkan, sangat berharga untuk tujuan ini karena sel epitel terkelupas dari serviks dan / atau vagina diklaim biasanya muncul dalam urin. Selain itu, urin akan menjadi sampel yang tepat untuk skrining populasi besar karena dapat meningkatkan partisipasi dan kepatuhan mereka.

Sebuah Penilaian Teknologi Kesehatan (HTA) yang dilakukan oleh MaHTAS untuk menilai keefektifan tes urine HPV untuk kanker serviks mengungkapkan bahwa, pada populasi kombinasi wanita simtomatik dan asimtomatik, deteksi DNA HPV dalam urin memiliki akurasi yang baik dalam mendeteksi adanya serviks. HPV. Pada populasi simtomatik, sensitivitas dan spesifisitasnya sedang (sensitivitas 44,8% sampai 90,5%; spesifisitas 34,8% sampai 85,0%) untuk mendeteksi HPV, HPV berisiko tinggi, dan jenis yang paling banyak onkogenik, jenis HPV 16 dan 18.

Deteksi tingkat DNA HPV dalam urin di antara wanita asimtomatik yang disaring bervariasi tergantung pada populasi yang dipilih dan sangat terkait dengan usia (dengan puncak sekitar 25 tahun) dan aktivitas seksual. Human Papilloma Virus tipe 16 diidentifikasi paling sering pada sampel urin dan serviks. Studi di antara pasien simtomatik telah menunjukkan tingkat kesesuaian yang tinggi dengan jenis HPV yang sama pada sampel serviks dan urin berpasangan, bervariasi dari 69,3% sampai 90,0% (κ dari 0,41 sampai 0,80).

Deteksi DNA HPV dan hDNA dalam sampel urin ditingkatkan secara signifikan oleh penyangga konservasi DNA (baik di rumah atau komersial). Selain itu, sejumlah besar salinan HPV dan hDNA HPV terdeteksi pada fraksi urin void pertama dibandingkan dengan fraksi midstream. Metode pengumpulan urin sangat dapat diterima dan disukai dibandingkan dengan sampel serviks yang dikumpulkan oleh dokter dan sikat koleksi diri di antara wanita yang berpartisipasi. 

HPV (human papilloma virus)

Tidak ada bukti yang dapat diambil tentang efektivitas biaya dan kejadian buruk atau komplikasi yang terkait dengan tes urine HPV yang digunakan untuk skrining kanker serviks. Juga tidak ada bukti yang diambil terkait dengan keefektifan atau manfaat skrining kanker serviks dengan menggunakan tes urine HPV berkaitan dengan hasil pasien seperti tingkat kematian, tingkat kelangsungan hidup, QOL dan QALY yang didapat.

Berdasarkan HTA ini, tes urine HPV berpotensi menjadi salah satu metode skrining yang akan digunakan dalam skrining kanker serviks. Mengingat luasnya sensitivitas dan spesifisitas dalam mendeteksi DNA HPV dalam urin (simtomatik, dan kombinasi populasi simtomatik dan asimtomatik) dan tidak ada studi diagnostik yang diambil di antara populasi asimtomatik, tes urine HPV tidak disarankan untuk digunakan sebagai salah satu skrining. Metode dalam program skrining kanker serviks di Malaysia sampai ada lebih banyak bukti tentang akurasi diagnostiknya. 
Sumber: MALAYSIAN HEALTH TECHNOLOGY ASSESSMENT SECTION

Posting Komentar untuk "HPV Urine Test Untuk Kanker Cervik"